Manfaat Probiotik

Manfaat Probiotik Bagi Tubuh Manusia,-

 manfaat probiotik bagi kehidupan manusia, manfaat probiotik untuk tubuh

Khasiat Prbiotik

Meminum air PAM yang mengandung klorin dan natrium florida, mengkonsumi makanan basi/terkontaminasi, meminum obat antibiotik, pil KB, dan banyak obat kimia lainnya dapat menurunkan bahkan menghilangkan jumlah bakteri bersahabat dalam tubuh manusia.

Probiotik yang merupakan bahasa Yunani yg berarti “for life” dan dikenalkan pertama kali oleh Metchnikoff; didefinisikan sebagai mikrobia hidup yang secara aktif meningkatkan kesehatan konsumen dengan menyeimbangkan mikroflora dalam saluran pencernaan jika dikonsumsi pada kondisi hidup dalam jumlah yang cukup (Fuller, 1992).

Mengapa kita butuh probiotik?

Dosen patofisiologi saya, dr. M. Juffrie, Sp.A K., Ph.D (bagian ilmu kesehatan anak FK UGM) menganalogikan tubuh sebagai sebuah pohon. Pohon ini memiliki akar, batang, daun, dan buah. Pastinya, ia juga harus memiliki akar yang kuat dan sehat untuk dapat menyerap unsur hara dalam tanah. Akar ibarat saluran pencernaan yang juga harus dijaga.

Di dalam saluran penceranaan kita, terdapat 100 triliun sel bakteri dan lebih dari 500 macamnya. Artinya, terdapat 105-107 sel bakteri per gram-nya. Secara garis besar, bakteri ini dikelompokkan menjadi bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik misalnya: Bifidobacterium, Eubacterium, dan Lactobacillus. Sementara bakteri jahat contohnya: Escheriachia coli, Clostridium perfringence, Salmonella, dan Staphilococcus. Jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna kita ini harus dijaga agar kesehatan saluran cerna berada dalam keadaan optinal.Tentunya bakteri yang termasuk probiotik harus memenuhi sejumlah kondisi sebagai berikut:

  • Tahan hidup di saluran cerna setelah dikonsumsi: Tahan terhadap lisozim, asam lambung dan asam empedu.
  • Menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus dengan memproduksi hasil metabolisme, kompetitif perlekatan pada reseptor epitel.

Hasil metabolisme probiotik:
asam laktat, H2O2, bakteriosin, laktase, bile salt hydrolase, dan peptidoglycan.
Walaupun tidak begitu tenar, menurut Wood (1992), probiotik yang berisi milyaran mikroba ini memiliki 5 manfaat, yaitu:

  • Melindungi saluran pencernaan dari bakteri pathogen
  • Menurunkan kasus kanker kolon
  • Menurunkan kasus gangguan intestin (usus) – diare dan konstipasi
  • Info Produk Klik di Produk Herabal Agaricpro

Manfaat Probiotik

Tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.