• Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Hubungi 082 321 099 777. Klik untuk Syarat & ketentuan

7 Hal Yang Menjadi Gejala Diabetes

7 Hal Yang Menjadi Gejala Diabetes – Gejala-gejala dan Ciri-ciri DM,-

7 Hal Yang Menjadi Gejala Diabetes

7 Hal Yang Menjadi Gejala Diabetes

Sering kali orang mengabaikan gejala-gejala dan ciri-ciri yang mengarah pada DM. Gejala-gejala dan ciri-ciri DM ini muncul karena adanya gangguan metabolisme karbohidrat akibat teranggunya kinerja pankreas. Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi. Itu sebabnya penderita DM umumnya terlihat lemah, lemas, dan tidak bugar.

Gejala Umum DM

Gejala-gejala umum yang biasanya dialami oleh penderita DM sering dianggap penyakit ringan dandisepelekan. Padahal, gejala-gejala seperti ini seharusnya disikapi dengan sangat bijaksana. Penanganan sejak dini memungkinkan penderita DM mendapatkan perawatan yang memadai dan menghindrkan dari komplikasi parah.

Banyak Kencing (Polyuria)

Efek dari kadar gula darah yang tinggi akan mempengaruhi ginjal sehingga menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan untuk mengencerkan glukosa. Akibatnya, penderita sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Hal ini lebih banyak terjadi di malam hari. Tentunya sangat tidak menyenangkan jika pada saat ingin istirahat dan tidur, Anda harus bolak-balik ke kamar mandi

Gampang Haus dan Banyak Mimml (Polydipsia)

Banyak kencing (polyuria) membuat penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga mudah merasa haus’dan harus banyak minum. Ini akan berlangsung terus-menerus selama terjadi polyuria. Jadi, waspadalah kalau saat Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat dan harus diganti dengan air, tetapi Anda sering merasa haus dan memerlukan banyak minum. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk rnemastikan apakah Anda terkena DM atau tidak.

Gampang Lapar dan Banyak makan (Polyphagia)

Sejumlah besar kalori dari diabetisi akan hilang ke dalam air kemih. Untuk rnengompensasikan hal ini, penderita DM sering kali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan. Kalau tidak dipenuhi, kondisi tubuh akan semakin parah karena bisa saja saluran pencernaan menjadi terganggu, misalnya terkena maag.

Gampang Lelah dan Sering Mengantuk

Kekurangan energi dan terganggunya metabolisme karbohi- drat menyebabkan penderita DM menj adi mudah lelah. Salah satu Cara mengembalikan kondisi yang kelelahan adalah de- ngan tidur. Jadi, kalau seseorang dalam waktu terus-menerus sering merasa mudah lelah dan sering mengantuk Walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat, segeralah datang ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Penglihatan Kabur

Apabila kadar glukosa dalam darah mendadak tinggi, lensa mata menjadi cembung dan penderita mengeluh penglihatan kabur. Biasanya penderita akan sering mengganti kacamata.

Sering Pusing dan Mual

Kalau seseorang sudah lama menderita DM, urat saraf yang memelihara lambung akan rusak. Akibatnya, fungsi lambung akan menjadi lemah dan tidak sempurna. Keadaan ini akan menimbulkan rasa rnual, perut terasa penuh, kembung, Inakanan tidak lekas turun, Serta kadang-kadang timbul rasa sakit di ulu hati. Namun, kalau kondisi ini dirawat dan ditangani dengan baik, keluhan-keluham tersebut akan hilang dalam 10-20 hari.

Koordinasi Gerak Anggota Tubuh Terganggu

Kadar glukosa yang tinggi akan merusak urat saraf. Kelainan urat saraf akibat DM disebut neuropati diabetic. Rusaknya urat saraf ini akan menyebabkan koordinasi gerak anggota tubuh terganggu. Kalau sudah demikian, sam sama lain reaksi gerak tubuh menjadi tidak normal seperti biasanya. Gangguan bisa berupa reaksi lambat atau tidak merespons adanya aksi dari luar mbuhnya. Kalau dibiarkan terus-

Silahkan baca juga artikel yang berkaitan dengan Gejala Diabetes di bawah ini:

7 Hal Yang Menjadi Gejala Diabetes

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.
  • Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Hubungi 082 321 099 777. Klik untuk Syarat & ketentuan