• Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Hubungi 082 321 099 777. Klik untuk Syarat & ketentuan

Diabetes

Diabetes Merupakan Diantara Penyakit Yang Yang Harus Diwaspadai,-

gambar diabetes

gambar diabetes

Selamat Datang Di Website Kami di http://www.healthylifeindonesia.com

Website kami ini memberikan informasi dan pengetahuan tentang Diabetes Mellitus sehingga orang yang menderita kencing manis tidak perlu panik bila mengalaminya. Di website kami dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan Diabetes Mellitus, mulai dari pengertian, penyebab, berbagai gejala, bahayanya, komplikasinya, sampai pencegahan dan penanganan Diabetes Mellitus secara luntas dan menyeluruh. Selain itu, Website ini dilengkapi pula dengan berbagai hal yang berkaitan dengan Diabetes Mellitus.

Semoga Website kami ini bermanfaat dan dapat diterima oleh para pembaca. Mari kita ciptakan gerakan sehat mulai dari diri sendiri. Ingatlah selalu bahwa mencegah selalu lebih mudah daripada mengobati. Mencegah sering kali tidak memerlukan biaya, sedangkan mengobati sering harus ditunjang dengan biaya mahal dan itu pun belum tentu menjamin segalanya akan kembali normal seperti saat Anda masih sehat.

Pengertian Dan Perawatan Diabetes

Diabetes – Diabetes Mellitus (DM) atau kencing manis adalah kelainan metabolis yang disebabkan oleh berbagai faktor, dengan gejala-gejala berupa hiperglikemia (peningkatan kadar glukosa darah) kronis dan gangguan metabolisme pada karbohidrat, lemak, dan protein. Hiperglikemia tersebut disebabkan adanya defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin maupun keduanya, defisiensi transporter (pengangkut) glukosa, atau keduanya.

Diabetes dapat memicu berbagai penyakit, sindrom, maupun gejala-gejala penyakit lainnya, antara lain Alzheimer (demensia), ataxia telangiectasia (kegagalan koordinasi otot), sindrom down (keterbelakangan mental), penyakit Huntington, kelainan mitokondria (kelainan bagian sei tubuh), dan penyakit Parkinson (gangguan saraf).

Kadang-kadang orang yang terkena kencing manis tidak rnenyadari kondisi lubuhnya. Ini disebabkan gejala-gejala penyakit ini sering dianggap sepele, seperti poliuria (sering buang air kecil), polidipsia(selalu merasa haus), poIifagia(selalu merasa lapar), dan penurunan berat badan secara drastis.

Gangguan-gangguan Diabetes

Gangguan-gangguan yang sepele tersebut, bila tidak segera mendapatkan perawatan atau penanganan yang memadai, akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang serius. Gangguan tersebut antara lain gangguan pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan; gangguan pada ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal; gangguan kardiovaskular (gangguan jantung dan pernbuluh darah) disertai lesi membran basalis (kemsakan dinding pembuluh darah), gangguan pada sistem saraf otonom, foot ulcer(luka pada kaki), ampu tasi (pemotongan), hingga disfungsi Seksual (impotensi).

Selain gangguan-gangguan yang bersifat umum tersebut, ada juga gangguan lain yang sangat meresahkan penderita kencing manis, yaitu dehidrasi, ketoasidosis (gangguan metabolisme tubuh), dan ketonuria (adanya keton pada urine akibat gangguan metabolisme tubuh) yang berakibat pada stupor (gangguan kesadaran) dan koma. Selain itu, penderita Diabetes harus sangat berhati-hati, jangan sampai tubuhnya terkena Iuka karena ia sangat rentan terhadap infeksi.

Diabetes dapat terjadi pada siapa pun, baik lelaki maupun perempuan, dan pada segala umur. Risiko terkena kencing manis semakin meningkat setelah melewati usia 50 tahun. Penyakit ini disebabkan adanya ketidakmampuan lubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan produksi insulin yang tidak efektif. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Perhatian dan Perawatan Diabetes

Penyakit Diabetes membutuhkan perhatian dan perawatan medis dalam waktu lama, baik untuk mencegah komplikasi maupun dalam perawatan sakit. Faktor risiko utamanya adalah pola rnakan yang tidak sehat, obesitas (kegemukan), kurang aktivitas gerak, merokok, dan gaya hidup atau life-style.

Anak-anak di masa kini juga rawan menderita Diabetes karena sekarang ini anak-anak banyak yang memiliki pola makan tidak sehat. Mereka rnakan makanan cepat saji, makanan tidak sehat, dan makanan yang rnengandung kadar gula tinggi. Mereka juga kurang bergerak atau berolahraga. Sebagai penjaga kesehatan secara umum, olahraga sangat diperlukan oleh siapa pun.

Inilah sebabnya pemeriksaan kadar gula darah secara rutin sejak dini sangatlah penting. Melalui pemeriksaan gula darah, Anda dapat mengetahui apakah gula darah Anda termasuk normal atau bahkan sudah termasuk terkena DM. Dengan pengetahuan kondisi gula darah sejak dini, Anda dapat melakukan pencegahan dan pengobatan lebih awal sehingga dampak negatif DM dapat dikendalikan.

Pencegahan paling ampuh agar Anda tidak terkena DM adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, rninum alkohol, konsumsi obat-obat terlarang, kurang istirahat, tidak mau berolahraga, serta makan secara sembarangan harus Anda hentikan dan diganti dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan menyehatkan. Hidup yang seimbang dan selaras adalah kunci kesehatan prima secara keseluruhan.

Silahkan baca juga artikel yang berkaitan dengan Makanan Untuk Penderita Diabetes di bawah ini:

Diabetes

Tagged , , , . Bookmark the permalink.
  • Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Hubungi 082 321 099 777. Klik untuk Syarat & ketentuan